INFO PENTING !!!

Sabtu, 22 Juni 2013

Usaha Busana Muslim - Contoh Usaha Kecil-Kecilan

Contoh Usaha Kecil-Kecilan

Contoh Usaha Kecil-Kecilan

Sebentar lagi puasa ramadhan dan lebaran, banyak orang mencari- cari usaha kecil-kecilan apa yang cocok di jalankan menjelang momen tersebut. Sebenarnya banyak contoh usaha kecil-kecilan yang bisa kita jalankan menjelang momen tersebut. Biasanya usaha busana muslim banyak diminati, terutama menjelang momen tersebut yakni puasa ramadhan dan lebaran. Apalagi model busana muslim sekarang keren- keren dan modis, sehingga usaha busana muslim ini banyak di lirik orang karena tampak menggiurkan.
 
Dengan harga yang tidak terlalu mahal, model yang modis dan keren serta tidak ketinggalan jaman bukan tidak mungkin produk anda akan digemari di pasaran. Anda bisa menjual dari mulai baju muslim baik untuk pria maupun wanita, kerudung, mukena, dan lain- lain.
Ada beberapa tips untuk anda agar usaha kecil- kecilan yang anda jalankan yakni usaha busana muslim bisa maju dan berkembang, berikut tipsnya :


Contoh Usaha Kecil - Kecilan


Sistem Grosir dan Eceran
Anda bisa mencoba melakukan sistem penjualan secara grosir, ini jika anda memiliki cukup modal. Anda akan mendapatkan keuntungan harga lebih murah karena anda langsung ambil dari produsen atau sumber pertama. Tetapi, sebagai penjual grosiran Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar, biasanya hanya mendapatkan keuntungan 10% sampai 15% saja. Untuk penjual sistem grosir ini, yang terpenting adalah menjual dengan kwantiti atau jumlah besar sehingga barang terjual kembali dengan cepat.

Sebaliknya, bila modal yang anda miliki tidak terlalu besar, maka menjalankan usaha kecil- kecilan sebagai penjual eceran adalah langkah yang tepat. Dengan hanya membeli barang 1-3 kodi saja, anda sudah bisa berdagang menjual kembali barang tersebut, baik melalui internet, teman/ kerabat maupun membuka kios kecil- kecilan sendiri. Keuntungan yang bisa diperoleh pun lebih besar dari penjual sistem grosiran, anda bisa mendapat keuntunga sekitar 30% sampai 100%.

Memahami Trend Mode
Pada saat ini minat konsumen akan baju muslimah cenderung sangat meningkat, karena desain baju muslimah sangat bervariatif dengan trend fashion yang terus berkembang. Memiliki kemampuan melihat trend mode adalah syarat mutlak bagi anda yang menekuni usaha seputar fashion termasuk usaha busana muslim. Bahkan akan lebih bagus lagi jika Anda bisa menciptakan trend sendiri. Bagi anda yang baru pertama kali membuka usaha kecil- kecilan jual busana muslim, anda harus sedikit membekali diri dengan ilmu tentang desain busana karena ilmu ini sangatlah diperlukan untuk menjadikan usaha anda berkembang, karena pakaian merupakan produk yang desainnya selalu berubah- ubah. Model- model baju muslimah sekarang ini lebih modis dan nyaman dipakai. Sehingga baju muslimah tidak hanya dicari pada bulan ramadan dan lebaran, namun juga, ramai dicari di hari-hari biasanya.

Desain Sendiri
Jika anda memiliki kemampuan untuk mendesain sendiri produk anda, maka anda bisa terjun sebagai penjual sekaligus  produsen. Hal in akan mendatangkan keuntungan lebih bagi usaha anda. Untuk memproduksi desain sendiri anda tidak harus mempunyai konveksi. Anda bisa menggunakan sistem makloon, dengan sistem ini Anda cukup menyediakan bahan dan desain. Untuk pekerjaan menjahit, membordir, hingga pemasangan aksesoris, serahkan saja kepada ahlinya dengan sistem upah.
Dengan sistem makloon ini kerugian bisa lebih ditekan, karena anda tidak usah membeli alat penjahit, bordir, dan tukang obras sendiri. Jadi, jika produksi sepi, anda tidak punya tanggung jawab moral kepada para pekerja tersebut.


Harga Terjangkau
Langkah berikutnya adalah menentukan segmen. Tentukan apakah anda hanya akan menjual busana muslim khusus perempuan, anak-anak, laki-laki dewasa atau yang lainnya. Jika anda menjual produk di mall, spesifikasi produk bisa lebih meningkat penjualannya, karena pembeli akan mendapatkan varisasi produk lebih banyak. Namun, bila Anda menjualnya di butik, keragaman sebuah produk tentu akan membuat butik terlihat lengkap.

Usahakan harga produk yang anda jual tidak terlalu mahal tapi tetap terkesan tidak murahan. Hal ini penting, agar produk anadapun bisa dijangkau segala segmen dan otomatis akan laku dipasaran. Spesifikasi yang ditentukan akan menentukan harga produk yang dijual. Misalnya, anda ingin menjual busana muslim perempuan dari kalangan menengah ke bawah. Dengan satu desain, anda bisa membuat puluhan hingga ratusan model. Pengerjaan yang massal akan membuat biaya produksi tidak terlalu besar dan harga jualnya pun tidak tinggi, ini akan lebih menguntungkan.

Dengan perkembangan di dunia fashion, bentuk atau desain dari busana muslim juga semakin variatif. Busana muslim tidak lagi dipandang sebagai pakaian dengan model yang jadul dan tidak keren. Semoga majunya bisnis ini mengilhami Anda untuk berbuat kebaikan.



Artikel terkait :     

Terima kasih sudah mengunjungi website ini dan telah membaca artikel…Contoh Usaha Kecil - Kecilan