INFO PENTING !!!

Rabu, 22 Mei 2013

Contoh Usaha Kecil Modal Kecil - Usaha Tas Karakter

Contoh Usaha Kecil Modal Kecil

Contoh Usaha Kecil Modal Kecil

Usaha Tas Karakter. Yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah tentang contoh usaha kecil dengan menggunakan modal kecil yakni usaha tas karakter. Permintaan tas boleh dibilang tak akan pernah surut, mengingat tas termasuk  salah satu pelengkap fashion yang bentuk modelnya selalu mengikuti trend, untuk menghadirkan sesuatu yang baru bagi konsumen. Apalagi bagi kalangan remaja, kebutuhan untuk tampil modis membuat mereka tak bosan membeli tas untuk menunjang penampilannya. Hal ini dapat dijadikan lahan usaha kecil, apalagi modal yang dibutuhkan pun relatif kecil, ditunjang lagi seiring dengan gaya hidup masyarakat yang sering ganti- ganti model tas. Karena itu bagi para pelaku usaha ide- ide kreatif harus selalu muncul, termasuk yang saat ini di kalangan remaja hingga wanita dewasa di bawah 35 tahun yang sedang gemari adalah tas yang bentuknya menyerupai bentuk benda, hewan sampai tokoh kartun kesayangan atau disebut juga dengan Tas Karakter.

Bentuk tas karakter ini persis seperti aslinya, dari mulai tas berbentuk gitar, burung hantu, burung merak, anjing, mobil, seragam sepak bola dunia hingga tokoh- tokoh kartun. Tas karakter memang sedang menjadi tren yang banyak diminati terutama oleh kalangan remaja, mengingat remaja merupakan konsumen yang paling sensitif terhadap tren fashion, maka usaha kecil tas karakter ini peluang pasarnya cukup bagus. Diperkirakan tren tersebut akan bertahan sampai beberapa tahun kedepan dan bertahan atau tidaknya juga sangat bergantung kepada pelaku usaha itu sendiri untuk bisa terus menggali inovasi- inovasi baru sehingga tidak membuat bosan konsumen.


Contoh Usaha Kecil Modal Kecil


Modal. Untuk membuat tas karakter, tidak perlu modal besar, yang paling penting adalah selalu berkreasi untuk membuat desain- desain baru, baik yang belum pernah dibuat orang lain maupun melakukan modifikasi terhadap model yang sudah ada. Usaha tas karakter ini memang di golongkan termasuk salah satu contoh usaha kecil dengan modal kecil, tapi disini justru anda di tuntut harus selalu jeli dalam melihat selera pasar yang sedang berkembang dan harus terus berkreasi untuk memenuhi selera pasar tersebut.

Sebenarnya usaha juga bisa dijalankan sebagai usaha sambilan, mengingat modal usahanya yang terbilang murah. Diawal usaha, anda bisa membuat produk sebagai sample untuk menekan modal, seperti halnya yang dilakukan oleh Prafida Windarini dan Marita Siswaraningsih pemilik Addict Bags yang hanya mengeluarkan modal sebesar Rp 700 ribu saja saat memulai usaha untuk menghasilkan 7 buah tas karakter. Dan untuk menekan biaya promosi, pemasaran awal juga dilakukan lewat jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Untuk membuat tas karakter, hal lain yang paling penting diperhatikan adalah memilih SDM yang memang terampil dala membuat tas, sehingga pilihan utama adalah menggunakan jasa mokloon. Atau anda juga bisa mengikuti kursus membuat tas atau merekrut karyawan hasil lulusan kursus atau desainer.

Strategi Pasar. Untuk menjadikan usaha kecil bisa berkembang pesat dan biaya yang dikeluarkan itu tergolong sangat kecil, langkah awal yang paling efiktif dilakukan adalah melakukan promosi via internet yakni dengan melalui jejaring social seperti Facebook dan Twitter, kemudian sering mengikuti pameran- pameran khusus untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sering mengikuti bazaar- bazaar di kampus- kampus. Hal lain yang bisa dilakukan adalah melakukan penjualan dengan sistem keagenan ataupun kongsinyasi  titip jual ke toko- toko yang menjual produk kebutuhan anak muda seperti toko tas, sepatu, aksesoris, dan lain- lain.

Para pelaku usaha kecil tas karakter ini nggak perlu khawatir mengenai hal persaingan dengan produk- produk import sepert produk asal cina, hal ini bisa teratasi karena mengingat produk tas karakter yang dibuat adalah produk Hand Made. Apalagi jika produsen bisa menawarkan produk customized yang menyesuaikan pesanan dari konsumen maka produk- produk import tersebut pasti tidak akan mampu untuk memenuhinya. Mereka hanya bisa membuat produk dalam jumlah massal, itulah kelemahan dari produk import. Hal ini memberikan peluang bagi produk lokal untuk membuat model- model yang lebih inovatif sesuai dengan selera konsumen terutama kalangan menengah atas yang lebih sensitive terhadap tren model.

Untuk anda yang tidak ingin melewatkan tas yang lagi tren ini, anda bisa segera membuat produknya, dengan modal kecil namun keuntungannya cukup menjanjikan. Semoga ulasan ini bisa memberikan inspirasi bagi anda.

Artikel terkait : 

Terma kasih anda sudah mengunjungi website ini dan telah membaca artikel…Contoh Usaha Kecil Modal Kecil