INFO PENTING !!!

Selasa, 09 April 2013

Modal Usaha Kecil dan Menengah

Modal Usaha Kecil dan Menengah

Modal Usaha Kecil dan Menengah

Mungkin kita sering mendengar seperti ini “ Saya ingin membuka usaha…tapi saya nggak punya modal..??  dari mana saya bisa dapet modal ya…??? Gimana ya solusinya….??? ”. Saya yakin anda pasti pernah dengar atau pernah mengalami hal semacam ini. Tidak dipungkiri bahwa permasalahan modal merupakan hal yang sangat penting dalam mendirikan sebuah usaha, baik modal untuk usaha besar maupun kecil. Ide usaha sudah ada, semangat juga lagi menggebu-gebu, eehh mentok mentoknya kebentur masalah modal juga. Memang sih besar kecilnya modal juga tergantung besar kecilnya bisnis atau usaha yang akan didirikan. Tapi juga perlu di ingat bahwa modal itu bukan selalu berhubungan dengan uang tapi modal juga bisa berupa niat/tekat yang kuat, kemauan, tenaga/keahlian dan mungkin juga relasi atau network.

Modal Usaha Kecil dan Menengah


Manajemen modal usaha yang baik dan efektif merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Kekurangan modal akan menghambat proses pertumbuhan suatu usaha. Modal keahlian adalah kemampuan seseorang baik fisik maupun non fisik untuk mengelola/menjalankan usaha dengan tujuan untuk memajukan usaha itu sendiri. Sedangkan modal usaha dalam bentuk uang yang ada digunakan untuk membiayai aktivitas perusahaan seperti membayar gaji karyawan, membeli bahan baku, membayar hutang dan biaya operasional perusahaan lainnya.

Biasanya untuk memperoleh atau mencari modal usaha dibutuhkan sebuah proposal usaha. Semakin bagus atau berkualitas sebuah proposal maka semakin banyak investor yang akan menanamkan dana yang dimilikinya ke usaha yang kita jalankan. Kita harus memiliki atau mencari alternatif dalam memulai sebuah usaha, karena kebutuhan akan modal usaha kecil maupun besar disesuaikan dengan usaha yang akan kita pilih. Bahkan sekarang ini bagi pemula yang ingin terjun dalam dunia bisnis, sudah banyak pilihan usaha dengan modal kecil yang bisa kita sesuaikan dengan kondisi modal kita, dan anda harus berani mencobanya.
 
Intinya, memiliki modal usaha yang besar tidak menjamin bahwa usaha yang akan anda jalani bakal sukses tetapi memiliki modal usaha kecil pun anda juga bisa sukses asalkan anda mampu mengelola usaha dengan baik. Awali dengan mengumpulkan banyak informasi tentang beberapa jenis usaha modal kecil. Kemudian tentukan salah satu usaha yang cocok menurut anda dan persiapkan mental anda untuk menghadapi segala sesuatunya kemudian jalankan dan jangan lupa tetap berdoa memohon agar usaha anda bisa sukses. Rencanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis anda karena rencana bisnis yang matang akan memperkecil resiko kegagalan dalam menjalankan sebuah usaha. Semoga sukses !

Terima kasih sudah mengunjungi website ini dan sudah membaca artikel…Modal Usaha Kecil dan Menengah