INFO PENTING !!!

Kamis, 27 Juni 2013

Proposal Usaha Kecil

Proposal Usaha Kecil

Proposal Usaha Kecil

Pada artikel ini kita akan membahas seputar langkah- langkah membuat proposal usaha kecil. Ketika anda ingin mendirikan sebuah usaha, semisal usaha kecil, maka sebelum membuka usaha tersebut alangkah baiknya anda membuat sebuah proposal usaha. Dan jikalau anda belum bisa membuat sebuah proposal usaha, maka anda harus belajar atau mencari informasi tentang bagaimana bentuk proposal usaha tersebut. Hal ini sangatlah penting sekali karena sebuah proposal usaha memiliki manfaat yang sangat besar sekali bila anda dapat memaksimalkan fungsi dari sebuah proposal usaha tersebut. Pembuatan sebuah proposal usaha lebih baik dilakukan sebelum anda mendirikan suatu bisnis. Sebuah proposal usaha tidak hanya berfungsi untuk pengajuan dana ke investor saja tapi sebuah proposal usaha juga berfungsi membantu anda dalam mengidentifikasi pasar serta jenis bisnis atau usaha yang akan anda dirikan. Dalam pengajuan dana usaha atau pinjaman modal usaha, proposal usaha juga berfungsi sebagai sarana informasi kepada calon investor sehingga mampu memberikan gambaran tentang usaha yang sedang atau akan anda jalankan.
 
Pihak investor tidak akan ragu untuk menginvestasikan dana mereka untuk bisnis atau usaha anda, jika proposal usaha kecil yang anda buat berbobot atau berkualitas, sehingga mampu meyakinkan mereka untuk menanamkan modalnya ke usaha anda. Proposal usaha memiliki beberapa tugas, tugas yang pertama yakni sebagai panduan akan usaha anda, paling tidak sebelum anda membuat usaha riilnya, anda sudah membuat pengaturan usaha tersebut secara rinci dan tepat. Dan dengan adanya proposal usaha tersebut, anda bisa menganalisa dan menerapkan perubahan-perubahan agar usaha anda nanti lebih menguntungkan. Dan tugas yang kedua sebagai dokumentasi akan pendanaan dengan tujuan untuk memajukan usaha anda dan meningkatkan keuntungan bagi usaha yang anda jalankan.
 
Pada dasarnya sebuah proposal usaha adalah suatu media komunikasi yang dapat berfungsi informative, dokumentatif  dan sebagainya. Adapun proposal usaha yang baik yakni sebuah proposal yang mampu memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada lembaga/instansi atau orang atau siapapun yang terlibat atau mempunyai suatu relevansi yang kuat dengan usaha/bisnis yang akan kita jalankan. 

Proposal Usaha Kecil


Berikut adalah sekilas info tentang langkah-langkah membuat sebuah proposal usaha :
  • Pendahuluan 
  • Profil perusahaan, meliputi : Jenis usaha, nama perusahaan, lokasi tempat usaha. 
  • Struktur organisasi  
  • Produk perusahaan, meliputi : Jenis produk, pembuatan produk, keunggulan sebuah produk target pasar  
  • Promosi dan pemasaran 
  • Laporan keuangan 
  • Penutup 
  • Lampiran, meliputi : Biodata pemilik usaha dan surat perjanjian

Itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang bentuk proposal usaha kecil, semoga dapat membantu anda dalam menyusun sebuah proposal usaha kecil yang baik dan berkualitas, karena proposal usaha yang bagus akan benar – benar mempengaruhi dalam proses pengajuan modal usaha atau pinjaman modal usaha. Semoga sukses!


Terima kasih sudah berkunjung ke website ini dan membaca artikel…Proposal Usaha Kecil