INFO PENTING !!!

Rabu, 04 September 2013

Tips Meningkatkan Omset Usaha Kecil Dan Menengah

Usaha Kecil Dan Menengah

Usaha Kecil Dan Menengah

Bahasan kali ini adalah seputar usaha kecil dan menengah. Turut membantu untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional khususnya tujuan pembangunan ekonomi suatu negara merupakan peran penting dari keberadaan para UKM. Keberadaan UKM juga berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat sehingga pertumbuhan perekonomian suatu negara akan lebih baik serta turut mewujudkan stabilitas nasional. Keberadaan UKM di Indonesia merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Keberadaan UKM di Indonesia bisa dikatakan cukup unggul di kalangan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) khususnya UKM yang bergerak dibidang handycraft dan furniture. Keberadaan UKM mampu memperluas lapangan pekerjaan sehingga sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia yang saat ini masih tergolong tinggi.

Sayangnya tidak sedikit para pelaku UKM yang gagal dalam menjalankan usahanya. Selain faktor modal, faktor lemahnya perencanaan usaha juga menjadi penyebab kegagalan sebuah usaha. Memang membangun sebuah usaha yang sukses bukanlah hal yang mudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Perencaanaan strategi usaha yang bagus adalah merupakan kunci kesuksesan untuk mengembangkan usaha anda yang berfokus untuk tercapainya suatu tujuan yaitu keuntungan. Strategi marketing yang baik merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk keberhasilan suatu usaha, baik itu usaha lama maupun usaha baru, baik itu usaha besar maupun usaha kecil sekalipun. Strategi marketing yang bagus akan berbanding lurus dengan omset suatu usaha.
 

Usaha Kecil Dan Menengah 


Hasil survey menunjukkan bahwa 83% masalah yang sering dihadapi oleh para pelaku UKM rata-rata karena mereka belum memiliki strategi pemasaran yang efektif maka tak heran jika mereka para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) sering mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelanggan. 

Adapun beberapa tips sukses untuk meningkatkan omset UKM , diantaranya :
 
  1. Berusaha mengirimkan surat penawaran produk kepada para calon pelanggan baru ataupun pelanggan lama dan memberikan potongan harga untuk pembelian produk-produk tertentu.
     
  2. Melakukan publikasi gratis kepada masyarkat sekitar dengan cara melibatkan lingkungan sekitar anda dalam salah satu kegiatan usaha anda.
     
  3. Sering mengikuti pameran-pameran produk-produk UKM baik yang diadakan pemerintah maupun swasta.
     
  4. Selalu mempromosikan usaha atau produk anda melalui media-media yang ada, baik yang berbayar maupun yang gratis.
     
  5. Menjalin dan mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan termasuk hal yang sangat penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten.

Semoga sedikit informasi tentang tips meningkatkan omset usaha kecil dan menengah yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kesuksesan usaha anda. Sedikit saran, sebelum memulai sebuah usaha buatlah sebuah rencana bisnis dulu agar anda memiliki gambaran yang lebih jelas akan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha tersebut. Sebuah rencana bisnis yang bagus akan meminimalkan resiko- resiko yang akan anda hadapi. Semoga sukses ! 


Terima kasih sudah mengunjungi website ini dan sudah membaca artikel…Usaha Kecil Dan Menengah