INFO PENTING !!!

Rabu, 22 Mei 2013

Tips memulai usaha dengan modal kecil

Tips memulai usaha dengan modal kecil

Tips memulai usaha dengan modal kecil


Usaha dengan modal kecil - Sebuah perjalanan panjang untuk meraih sebuah cita-cita yang diinginkan, itulah arti HIDUP. Bagaimana agar kita bisa meraih cita-cita yang kita inginkan, yakni dengan bekerja keras, bersungguh-sungguh dan selalu belajar untuk menampah pengetahuan agar cita-cita kita bisa tercapai. Termasuk dalam hal berwirausaha. Jika kita ingin menjadi pengusaha yang sukses, kita harus terus belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan usaha yang kita geluti, baik belajar tentang dasar-dasar usaha skala kecil maupun besar. Meskipun ada peluang yang besar, tidaklah mudah merintis sebuah usaha. 

Tips memulai usaha dengan modal kecil


Selain faktor resiko, faktor pesaing dan modal usaha menjadi kendala juga. Tanpa bermaksud menggurui, ada sedikit pengalaman yang bisa dijadikan pertimbangan dalam mendirikan sebuah usaha dengan modal kecil, baik itu usaha besar maupun kecil. Tips memulai usaha antara lain :


  • Bulatkan Tekad – Hal ini sangat penting karena jika tekadnya setengah-setengah maka dalam menjalankan usaha pun anda akan setengah-setengah dan otomatis hasilnya pun akan setengah-setengah juga.

  • Tentukan Tujuan Utama – Semisal tujuan utama anda membuka usaha adalah ingin memiliki usaha 100 cabang di kota-kota se-indonesia, maka tujuan utama tersebut akan menjadi motivasi bagi anda untuk selalu belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan dunia usaha sehingga anda akan menjalani usaha dengan lebih semangat, serius dan fokus.

  • Tentukan Lokasi Yang Tepat – Penentuan lokasi tempat usaha ini sangtlah penting, salah pilih lokasi maka usaha anda akan ambruk. Bidik lokasi yang ramai dan sering dilewati orang.

  • Perhitungkan Biaya Anggaran Secara Cermat – Dengan perhitungan anggaran yang cermat, setidaknya anda memiliki gambaran yang jelas terhadap usaha yang akan dijalankan.

  • Siapkan SDM – Hal ini harus dipersiapkan dengan sangat matang karena tidak sedikit sebuah usaha yang hancur dikarenakan SDM yang kurang berkualitas. Kinerja yang bagus dan kejujuran pada SDM akan mampu menjadikan usaha kita berkembang dan sukses.

  • Jaga Kualitas Produk – Perhatikan kualitas dari produk yang kita jual, cek kualitas produk secara berkala. Kualitas produk yang bagus akan mengundang pengunjung atau pembeli untuk datang lagi dan lagi.

  • Melakukan Promosi – Sehebat apapun produk anda tapi kalau pembelinya tidak ada ya sama juga bohong. Sambil terus belajar tentang hal-hal dalam usaha kecil, tetap lakukan promosi walaupun cuma sederhana minimal kepada saudara, temen atau relasi yang ada, jika dana ada lakukan promosi melalui media yang ada, baik brosur, Koran, radio bahkan internet.

Info diatas tentunya tidak berlaku bagi pengusaha- pengusaha yang sudah sukses karena mereka sudah jauh lebih faham. Dan bagi anda yang akan mendirikan usaha dengan modal kecil, teruslah belajar tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia usaha agar anda menjadi pengusaha yang sukses.


Terima kasih sudah mengunjungi artikel....Tips memulai usaha dengan modal kecil