INFO PENTING !!!

Kamis, 30 Mei 2013

Usaha Modifikasi Motor - Usaha Rumahan Modal Kecil

Usaha Rumahan Modal Kecil

Usaha Rumahan Modal Kecil

Kali ini kita akan membahas seputar usaha rumahan dengan modal kecil, dalam hal yang kita contohkan adalah usaha modifikasi motor skala rumahan. Prospek usaha modifikasi motor ke depan sangatlah bagus, selama pemerintah belum memberlakukan undang- undang modifikasi seperti di luar negeri, yang mengharuskan motor sesuai sesuain dengan surat izinnya (STNK). Bahkan saat ini bisnis modifikasi motor sudah hampir merata di daerah- daerah. Prospek peluang usaha kecil ini memang sangat bagus melihat trend yang mengarah pada kreatifitas anak muda. Apalagi pertumbuhan pengguna sepeda motor semakin tinggi. Modifikasi motor secara garis besar ada dua jenis, yaitu Full Modification (Seluruh bagian motor dimodifikasi baik mesin, rangka maupun body) dan Semi Modification (Hanya beberapa bagian saja yang dimodifikasi seperti mesin saja, rangka saja, body saja atau komponen- komponen tertentu yang dimodifikasi. Misalnya, ditambahkan rear disc break (rem cakram belakang), mengganti shock depan atau belakang, mengganti ukuran roda, dan lain sebagainya. Bagian- bagian motor yang saat ini paling diminati untuk dimodifikasi adalah modifikasi body dan rangka motor.
 
Ada beberapa tipe modifikasi motor, yaitu tipe sport (balap) misalnya motor laki- laki seperti Tiger, Mega Pro, Vixion, Byson, Thunder dan lain- lain diubah menjadi motor tipe balap GP dan lainnya. Bisa dengan Semi Modification ataupun Full Modification. Ada juga tipe chopper (ceper) misalnya dengan Full Modification motor standar yang diubah menjadi motor jenis Harley. Pada tipe trail dengan memodifikasi motor sehingga mirip dengan motor- motor cross (biasanya modifikasi dilakukan pada kaki kaki motor dan rangka motor).
 
Sedangkan pada tipe gaul dengan memodifikasi hingga motor terlihat cantik dan gaul, misalnya dengan melakukan pengecatan menggunakan air brush pada body motor dengan berbagai gambar atau menambah pernak pernik khusus (seperti lampu, box unik, body dilapisi kulit, dan lain- lain). Pada tipe classic dengan memodifikasi motor hingga terlihat seperti motor- motor klasik, biasanya dengan Full Modification (seluru bagian motor). Kelebihan motor yang sudah dimodifikasi ini dibandingkan yang belum dimodifikasi, kalau untuk modifikasi mesin sangat jelas membikin performa mesin jauh lebih baik, sedangkan kalau untuk modifikasi selain mesin biasanya hanya hanya untuk kepuasan dan eksistensi saja. Dari segi sparepart yang digunakan dalam modifikasi, menggunakan sparepart limbah atau bekas juga dihalalkan, mengingat jika menggunakan sparepart asli sangatlah mahal. Biasanya sparepart bekas dimodif ulang agar sesuai dengan desain atau agar dapat difungsikan lebih baik. 

Usaha Rumahan Modal Kecil


Sebenarnya untuk memulai usaha kecil bengkel modifikasi motor ini, modal adalah faktor paling penting, setelah itu barulah SDM (keahlian) dan jaringan merupakan hal yang penting juga. Bagi anda yang pemula yang baru akan merintis usaha ini, sebaiknya anda memulai usaha ini dengan usaha rumahan dulu, maksudnya anda bisa memulai usaha dengan memanfaatkan ruangan dirumah anda (tidak usah sewa atau beli tempat untuk bengkel dulu) dan anda bisa memulai usaha kecil ini sebagai jasa tenaga modifikasi, yang mana seluruh biaya pembelian sparepart mulai awal hingga akhir ditanggung langsung olek konsumen dalam arti dengan system pembayaran didepan minimal 50% dari total perkiraan biaya. Dengan begitu modal awal yang anda gunakan untuk memodifikasi motor konsumen tidaklah besar karena konsumen sudah memberi uang muka diawal.
 
Dari segi persaingan, bisnis ini persaingannya juga cukup ketat, mengingat pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) juga sudah ada yang mengeluarkan motor modifikasi. Oleh karena itu bagi para pelaku usaha modifikasi ini khususnya bagi pemula, faktor penting yang harus diperhatikan agar menang dalam persaingan adalah terus menciptakan kreatifitas dan keunikan dari motor hasil modifikasinya. Bagi pemula yang baru merintis usaha ini sebaiknya selalu melihat trend modifikasi apa yang sedang diminati pasar. Ciptakan model- model yang unik (berbeda dari yang lain) sehingga anda memiliki ciri khas yang mudah dikenal di dunia modifikasi motor. Untuk memasarkan jasa modifikasi motor ini, sebaiknya pemula menjalin network/ jaringan dengan komunitas motor. Selain itu bisa juga dengan sering ikut serta dalam ajang kontes motor modifikasi atau juga ikut pameran- pameran otomotif atau bisa juga iklan di media massa otomotif termasuk juga promosi lewat internet.
 
Itulah sedikit ulasan tentang usaha modifikasi motor untuk pemula dalam skala usaha rumahan. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha modifikasi motor. Dan jangan lupa selalu ciptakan kreatifits anda agar anda bisa menang dalam persaingan usaha yang cukup ketat ini. Semoga sukses.

Terima kasih sudah berkunjung di website ini dan telah membaca artikel.....Usaha Rumahan Modal Kecil