INFO PENTING !!!

Minggu, 08 Desember 2013

Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar – Usaha Tas Terpal Motor

Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar

Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar

Pernah bekerja sebagai penjahit di salah satu konveksi di Kecamatan Makasar Jakarta Timur menjadi modal bagi Suparjo, pria kelahiran Grobogan Jawa Tengah ini untuk menekuni usaha sendiri. Dengan label Pandawa Artha Bena, Suparjo memulai usaha membuat tas di tahun 2005. Untuk merintis peluang usaha ini modal yang dikeluarkan Suparjo sebesar Rp. 2.350.000, untuk membeli satu set mesin jahit listrik merek Mitsubishi  seharga Rp. 350 ribu, belanja bahan kain D600, terpal plastik, dan terpal kanvas yang dibeli di PT. Terpalindo Mitra Niaga Jl. Cengkeh No. 9 Jakarta Barat. Pengeluaran lainnya digunakan untuk membeli perlengkapan jahit serta keperluan promosi usaha.

Pada awal usaha, Suparjo memasarkan tas buatannya secara door to door ke beberapa perusahaan supplier  makanan dan minuman ringan di Jabodetabek. Namun, karena belum cukup dikenal, usaha modal kecil ini tidak berjalan dengan baik. Suparjo pun menawarkan ke beberapa toko alat musik dan toko kelontong. Untuk toko alat musik, ia menawarkan tas pembungkus gitar, dan untuk toko alat-alat olahraga Suparjo menawarkan tas pembungkus raket. Lagi- lagi respon pasar masih belum memuaskan, sampai suatu ketika Suparjo mendapat pesanan dari supplier makanan dan minuman ringan untuk dibuatkan tas motor sebagai wadah produk yang akan dikirim ke agen. Dari sinilah, usaha Suparjo mulai melejit sehingga ia hanya fokus membuat tas terpal kanvas untuk motor.


Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar


Ditambahkan Suparjo, order yang diperoleh dari perusahaan- perusahaan semua diperoleh dengan cara langsung menawarkan produk tersebut ke perusahaan. “Saya tidak menggunakan iklan tapi langsung datang ke kantor-kantor”, ungkap Suparjo.

Produk. Tas terpal motor buatan Suparjo menyerupai tas ransel berbentuk dua kotak persegi yang dikaitkan di sisi bagian belakang kendaraan roda dua. Tas ini tinggal diselempangkan di bagian belakang jok motor tanpa  perlu lagi diikat karena bentuknya tidak menyusahkan pengendara. Bagian bawah tas ini bersandar pada pijakan kaki penumpang belakang motor, sehingga tidak akan terjatuh atau miring posisinya ketika berkendara. Kini banyak distributor dari perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan ringan hingga Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah Lampung (untuk penyebaran bantuan BOS) mulai melirik tas buatan Suparjo, pada dua tahun belakangan ini. “Dinas Pendidikan Lampung biasanya memesan tas motor yang digunakan untuk diisi buku dan pakaian sekolah yang didistribusikan ke sekolah- sekolah”, terang Suparjo.

Ada tiga pilihan tipe tas terpal motor buatan Suparjo, dengan ukuran yang sama, 80x30x50 cm. Yaitu tas terpal tanpa lapisan bagian dalam harga Rp. 105 ribu/pcs biasanya untuk mengangkut benda-benda keras seperti buku, tas terpal dengan lapis sederhana dibagian dalam dengan kain furing Rp. 145 ribu/pcs biasanya untuk makanan kemasan, dan tas terpal lapis super yang bagian dalamnya selain kain furing juga ditambah busa seharga Rp. 180 ribu/pcs biasanya untuk sayur dan buah. Harga-  harga tersebut sudah termasuk ongkos sablon dua warna, jika pemesan menginginkan nama atau merek perusahaannya disablon di sisi luar tas. Namun, bila pemesan meminta lebih dari dua warna, harganya akan sedikit lebih mahal, tergantung jumlah warna yang dipesan, rata-rata berkisar Rp. 2.000 - Rp.3.500 per warna tambahan.


Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar


Omset. Sejauh ini Suparjo hanya mengerjakan tas berdasarkan pesanan saja, dan menurutnya rata-rata dalam sebulan ia rutin memproduksi 500 buah tas terpal kanvas. “Saat ini kami masih melayani sistem pesan dan jumlah minimal pemesanan 50 pieces”, ungkap suami Nur Widyaningsih ini. Jumlah minimum ini hanya berlaku untuk pemesanan tas terpal kanvas motor berwarna cokelat dan hijau tua, karena kedua warna bahan ini yang paling banyak tersedia di pasar. Sedangkan untuk warna lain, seperti hitam, minimum pemesanan 300 pieces. “Bahan warna lain seperti hitam sangat sulit didapatkan dan harus dipesan terlebih dahulu ke supplier,” jelas Suparjo. Dengan volume produksi rata-rata 20 tas sehari, atau 25 hari kerja sebulan, Suparjo mengaku peluang usaha modal kecil yang dijalaninya ini bisa mengantongi omset sebesar  Rp. 68 juta per bulan. Setelah dikurangi belanja bahan dan biaya operasional, Suparjo mengaku bisa meraup keutungan bersih sebesar 20% per bulan.

Pengeluaran rutin dari pria kelahiran 1979 ini setiap bulan untuk membeli bahan terpal kanvas sebanyak 15 rol (1 rol = 100 meter, lebar standar 2 meter) dengan harga Rp. 2 juta/rol. Harga aneka terpal ini untuk semua warna sama, tidak dibeda- bedakan berdasarkan warna. Rata-rata untuk membuat satu tas ukuran 80x30x50 cm dibutuhkan bahan sebanyak 3 meter. Selain itu biaya operasional terutama gaji 5 orang penjahit @ Rp. 800 ribu/bulan, dan 2 orang pemotong bahan dan pola @ Rp. 350 ribu/bulan. Juga, pengeluaran untuk bahan pendukung seperti benang, kancing, tali, sablon, dan perawatan 6 buah mesin jahit listrik merek Mitsubishi yang kini dimilikinya.

Keunggulan, Suparjo mengklaim tas berbahan terpal kanvas buatannya bisa bertahan hingga lebih dari dua tahun dibanding produk lain yang rata-rata hanya bertahan satu tahun saja. Kuatnya tas-tas ini rupanya karena jahitannya sampai tiga lapis menggunakan benang Nylon Spun Polyester yang dibeli di PT. Terpalindo Mitra Niaga. Itupun, di atas jahitan dilapisi lagi dengan pelipit atau pelapis dari bahan plastik sehingga semakin kuat dan tampak rapi.

Kelebihan lain, tas- tas ini menggunakan dua jenis kancing/ pengait, yaitu kancing sodok atau kancing klip/ buckle (mengikat dua ujung tali) dan kancing 8 atau pengait (yang biasa digunakan untuk tas sekolah) sehingga lebih kuat mengikat tas. Bila dilihat dari bentuknya yang ringkas, tas buatan Suparjo juga diklaim mampu mengangkut beban hingga 80 kg, atau masing-masing sisi memuat 40 kg.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda tentang contoh peluang usaha, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel terkait :

Terima kasih sudah berkunjung di website ini dan sudah membaca artikel…Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar