INFO PENTING !!!

Jumat, 07 Juni 2013

Contoh Usaha Bisnis Modal Kecil

Usaha Bisnis Modal Kecil

 Usaha Bisnis Modal Kecil

Memiliki sebuah usaha atau bisnis yang sukses sehingga dapat memberi pemasukan dalam rumah tangga merupakan idaman banyak orang. Namun faktor modal sering menjadi kendala seseorang untuk berani memulai sebuah usaha. Benarkah untuk memulai sebuah usaha harus diperlukan modal besar ?? Jawaban dari pertanyaan tersebut sangat banyak dan bervariasi. Sobat, untuk memulai usaha tidak harus memerlukan modal besar, tapi kita bisa memilih jenis usaha atau bisnis dengan modal kecil. Saya pribadi pernah memiliki pengalaman, saya pernah memulai usaha dengan modal Rp 100.000 dan hasilnya lumayan bagus. Menurut saya, kemauan, semangat, kerja keras, berani ambil resiko serta keahlian merupakan modal utama dalam memulai sebuah usaha.

Kenali kemampuan atau potensi yang ada dalam diri anda, mungkin anda memiliki kemampuan nyetir mobil, memasak, menjahit, menulis, membuat kerajinan, atau mungkin memiliki kemampuan jualan. Anda bisa memulai usaha dari sesuatu yang anda bisa dan anda sukai, semisal jika anda bisa dan suka memasak maka anda bisa segera memulainya dengan usaha atau bisnis yang membutuhkan modal relatif kecil seperti jual nasi bungkus yang dititipkan di warung-warung atau mungkin usaha catering skala kecil, dan lain- lain.

Atau anda juga bisa mengamati lingkungan sekitar anda, mungkin ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sumber penghasilan anda. Anda bisa amati mungkin ada sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan, atau mungkin di sekitar anda ada pengrajin atau produsen produk tertentu, mungkin anda bisa menjualkan produk-produk mereka.

Contoh Usaha Bisnis Modal Kecil

Berikut beberapa contoh usaha yang tidak terlalu membutuhkan banyak modal yang tergolong jenis usaha bisnis modal kecil diantaranya :
  1. Usaha jual pulsa
  2. Jual gorengan
  3. Laundry antar jemput (tanpa mesin cuci)
  4. Jual nasi bungkus
  5. Sopir freelance
  6. Jual kue/jajan pasar
  7. Jual es kelapa muda
  8. Usaha budidaya (jangkrik, kroto, cacing, lele,dll)
  9. Jual jagung dan roti bakar
  10. Produksi manisan basah/kering
  11. Jasa service AC panggilan
  12. Jasa service motor/mobil panggilan
  13. Jasa bimbingan belajar
  14. Biro iklan media cetak
  15. Jasa cukur keliling
  16. Jasa cuci motor/mobil panggilan
  17. Jasa jahit baju
  18. dan lain-lain.
Itulah beberapa contoh usaha yang tidak terlalu membutuhkan banyak modal, yang sebenarnya masih banyak contoh usaha bisnis modal kecil yang tidak saya sebutkan disini.

Selanjutnya hal yang tidak kalah pentingnya adalah promosi. Anda dapat mempromosikan usaha anda dengan iklan di media baik offline maupun online atau mungkin bisa juga dengan menyebar brosur atau kartu nama, Anda harus mencoba mempromosikan produk anda via internet, karena memasarkan produk lewat internet memiliki banyak kelebihan. Diantara banyak kelebihan memasarkan produk lewat internet antara lain : harga iklan yang relative murah, bahkan bisa gratis, pangsa pasarnya tidak hanya local sekitar kita saja tapi bisa seluruh Indonesia bahkan internasional dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan jika memasarkan lewat internet. 

Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca artikel…Contoh Usaha Bisnis Modal Kecil