INFO PENTING !!!

Sabtu, 04 Mei 2013

Bisnis Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Bisnis Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

 Bisnis Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Kali ini kita akan membahas usaha kecil modal kecil modifikasi motor yang sekarang lagi trend. Dari tahun ke tahun penjualan sepeda motor semakin meningkat, hal ini dapat memberikan peluang besar bagi bisnis modifikasi sepeda motor. Jumlah bengkel sepeda motor di Indonesia pun semakin meningkat seiring melesatnya jumlah pengguna sepeda motor, termasuk bengkel modifikasi sepeda motor yang mana dikalangan anak muda dan para penghobi motor sekarang ini lagi trend-trendnya. Apalagi model motor standar yang dikeluarkan oleh pihak ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) tersebut kurang memberikan kepuasan bagi para pengendara/ penghobi sepeda motor motor. Dengan seiringnya trend yang sedang berkembang, banyak jenis sepeda motor yang dimodifikasi dengan berbagai model. Misalnya saja untuk motor jenis matic, modifikasi yang lagi trend adalah model hot rod, yaitu berupa konsep yang mengacu pada vintage atau klasik. Sedangkan modifikasi yang lagi trend untuk motor klasik adalah modifikasi dengan konsep retro modern dengan mengaplikasikan sparepart teknologi terbaru dari motor- motor keluaran terbaru kepada motor lawas. Untuk modifikasi yang lagi trend untuk kelas motor gede adalah modifikasi dengan konsep street fighter dari motor jenis sport, yang mana merupakan penggabungan dari dua konsep yakni konsep motor sport dan road bike.

Bisnis Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Bagi pemula yang ingin memulai bisnis usaha ini lebih baik dimulai dengan modal kecil dulu, modifikator bisa memulai usaha dengan modifikasi yang ringan- ringan dulu dan mengkombinasikan dengan penggunaan sparepart second atau bekas (biasa disebut modifikasi Bolt-On). Modifikasi model begini sangat banyak penggunanya, misalnya motor Yamaha Mio diganti bagian grip, knalpot dan velg. Pada modifikasi ringan tersebut, beberapa parts kaki- kaki  motor hingga aksesoris body motor mudah dijumpai secara massal sehingga harganya pun bisa lebih murah dan pemasangannya juga lebih gampang. Jika dibandingkan dengan modifikasi berat yang lama pengerjaan sekitar 1-2 bulan maka waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan modifikasi ringan ini relatif lebih singkat, biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja seperti modifikasi motor dengan model low rider dengan memperbesar velg depan ukuran 3 inci, ganti stang, ganti shock, ganti ban dari ukuran standar 80/90 mm menjadi 140 mm.
 
Sekarang ini motor jenis matic lagi marak, tentunya banyak orang- orang yang memiliki motor matic ingin memodifikasi motor maticnya, oleh karena itu pelaku usaha bengkel modifikasi motor sebaiknya bisa memilih spesifikasi jenis motor matic ini. Bagian motor matic yang paling diminati untuk dimodifikasi adalah bagian velg, stang, dan penggunaan cat air brush pada bodynya. Terkadang banyak juga dari konsumen yang menginginkan pengerjaan secara custom (sesuai keinginan mereka) sehingga beberapa sparepart harus dibuat sendiri dengan menggunakan jasa bengkel bubut seperti dudukan stang, stang, velg dan lain- lain.
Untuk menyiasati besarnya modal yang dibutuhkan dalam memulai usaha bengkel modifikasi motor ini seperti biaya sewa tempat maka anda bisa menggunakan bagian atau ruangan kosong pada rumah anda seperti halaman rumah atau garase mobil, dengan sedikit renovasi kecil sehingga dapat dipakai untuk tempat usaha anda. Sedangkan untuk menyiasati biaya sparepart yang besar dalam memodifikasi sebuah motor, maka anda bisa menerapkan system uang muka kepada konsumen, semisal meminta uang muka 50% dari perkiraan total biaya yang dibutuhkan, hal ini dapat meringankan anda dalam pembelian sparepart yang dibutuhkan.
 
Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pemilihan SDM, dalam merekrut SDM harus benar- benar sudah tarampil dan mengerti akan seluk beluk modifikasi motor yang bisa diambil dari lulusan SMK jurusan mesin/ otomotif. Untuk pemasaran usaha modal kecil ini bisa dengan sering mengikuti kontes- kontes yang diselenggarakan oleh event organizer maupun pihak ATPM, selain itu bisa juga dengan menjalin hubungan dengan komunitas motor yang ada disekitar serta melakukan promosi atau iklan di media- media termasuk internet. Adapun hal penting lain yang yang juga harus diperhatikan adalah harus selalu menciptakan kreasi, kreatifitas dan keunikan motor hasil modifikasi dan selalu melihat trend modifikasi yang sedang diminati pasar.
 
Demikianlan sedikit iformasi ulasan tentang usaha modifikasi motor, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya bagi anda yang ingin membuka usaha modifikasi motor. Semoga sukses.
 
Terima kasih sudah berkunjung di artikel....Bisnis Usaha Kecil Dengan Modal Kecil