INFO PENTING !!!

Jumat, 12 Juli 2013

Untung Besar Dari Usaha Shampo Motor - Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar

Saat ini terjadi peningkatan pengguna sepeda motor sebagai modal transportasi utama bagi sebagian besar masyarakat, baik yang tinggal di kota- kota besar maupun di daerah. Peningkatan ini memunculkan rantai usaha seperti usaha dengan modal kecil yakni usaha jasa tempat pencucian sepeda motor yang berimbas kepada kebutuhan akan produk pembersih juga kian meningkat. Jika dulu produk- produk pembersih hanya dikuasai pabrik- pabrik besar seperti PT. Unilever dan PT. Sayap Mas (Wings Group), namun dalam 7 tahun terakhir ini usaha yang memproduksi produk- produk pembersih untuk cuci motor makin meriah. Dengan makin ramainya tempat pencucian motor, maka otomatis kebutuhan akan produk pembersih motor pun meningkat. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor pada tahun lalu mencapai angka sekitar 7,141 juta unit dan pada tahun ini diperkirakan akan meningkat  dan menembus angka sekitar 7,5 juta sam 8 juta unit.

Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar


Harus diakui bahwa produk pembersih untuk cuci motor skala rumahan banyak dipilih oleh para pelaku usaha dengan modal kecil yakni usaha cuci sepeda motor karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan produk pabrikan yang mana perbandingan harganya mencapai 40%-50%. Alasan yang mendasari produk skala rumahan jauh lebih murah, karena produk- produk bermerek biasanya menggunakan jalur pemasaran konvensional yang terdiri dari 7 mata rantai, yaitu distributor, sub distributor, grosir, semi grosir, toko, warung barulah konsumen atau pengguna. Sedangkan pada produk pembersih skala rumahan paling hanya 3 mata rantai pemasaran yaitu distributor, agen perorangan kemudian langsung konsumen.

Produk pembersih skala rumahan ini biasanya hanya menggunakan packaging yang sederhana misalnya menggunakan botol dan jerigen bekas. Hal ini merupakan cara untuk menekan biaya produksi. Dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang tidak jauh berbeda, membuat produk pembersih sepeda motor skala rumahan menjadi pilihan.

Bagi anda yang ingin menekuni usaha dengan modal kecil ini, ada beberapa criteria yang harus dipenuhi hingga produk pembersih dikatakan berkualitas. Antara lain, mempunyai daya bersih yang bagus, tidak merusah cat atau bahan yang dibersihkan, produk harus bersifat lembut dan aman bagi kulit sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Selanjutnya produk harus mengandung bahan khusus, misalnya pada shampoo motor bisa ditambah linier alkylbenzene sulfonate, bahan yang bisa menghasilkan busa yang banyak tapi tidak membutuhkan air yang banyak untuk membersihkannya. Selain itu, bisa juga ditambah TX 100 yang membantu mengangkat debu atau kotoran yang disebabkan asap motor lebih cepat. Dan untuk mengkilapkan bisa ditambah bahan dimethicone. Tidak hanya itu, pemberian parfum juga diperlukan agar shampoo tersebut harum dan segar. Jika standar produk anda benar- benar bagus, otomatis konsumen akan menyukainya dan akan terus membelinya, dengan begitu untung besar pun ada didepan mata.

Setiap jenis usaha, baik itu usaha dengan modal kecil maupun dengan modal besar pasti membutuhkan promosi. Biasanya usaha skala rumahan terkendala dengan budget promosi. Karena itu, untuk memperlebar pasar maka produsen harus mnggunakan system agen dan distributor. Salah satu keunggulan system keagenan produk skala rumahan, para agennya biasanya mendapat potongan harga yang sangat miring, biasanya antara 20% sampai 50%.

Para pelaku usaha produk pembersih rumahan selalu mempunyai trik untuk memenangkan pasar. Salah satunya misalnya dengan menawarkan produk pembersihnya langsung ke end user. Mereka memang tidak bersaing langsung dengan produk pabrikan, karena produk pabrikan telah memiliki market tersendiri.

Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar


Semua usaha pasti memiliki kendala dan resiko yang harus dihadapi tidak terkecuali usaha pembersih skala rumahan ini. Kendala yang sering dikeluhkan oleh para pelaku usaha diantaranya fluktuatifnya harga bahan baku kimia karena mengikuti kurs dolar, serta kendala tentang lamanya proses pengurusan hak paten yang bisa mencapai 2 tahun bahkan lebih. Sedangklan resiko yang harus dihadapi untuk usaha ini adalah kualitas produk yang berubah- ubah karena takaran yang belum di standarisasi yang juga dapat membuat kerugian bagi pelaku usaha. Untuk itu pelaku usaha perlu melakukan uji coba terus menerus sampai mendapatkan komposisi yang terbaik. Tetapi terlepas dari semua kendala dan resiko yang dihadapi, usaha pembersih skala rumahan ini tetap mampu meraup untung besar sampai 50%. Menguntungkan bukan ?

Terima kasih sudah berkunjung di website ini dan sudah membaca artikel…Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar